Sponsors Link

Kelebihan dan Kekurangan Model Komunikasi De Fleur

Sponsors Link

Salah satu model komunikasi menurut para ahli yang memberikan konsep tambahan dari proses komunikasi yaitu model komunikasi De Fleur. Ini merupakan perkembangan dari teori komunikasi menurut para ahli sebelumnya yang mungkin pernah kita ketahui, yaitu model Shannon dan Weaver. Pada dasarnya, dalam model komunikasi ini, perangkat media massa dan umpan balik menjadi komponen yang masuk dalam bagian komunikasi.

ads

Dalam model komunikasi ini, bisa digambarkan bahwa proses komunikasi sifatnya tidak hanya linear kepada satu pihak saja, melainkan juga kepada beberapa macam pihak. Tentunya ini bisa dimengerti sebagai suatu hal yang memang terlihat interaktif dan ada suatu proses yang memang bisa diikuti di sana.

Opinion Leader sebagai Ciri Utama

Dalam model komunikasi versi De Fleur ini, dijelaskan bahwa hubungan sosial secara informal berperan penting dalam untuk memengaruhi orang lain, terutama perilakunya saat ia terpapar oleh fungsi komunikasi massa. Dari konsep ini, maka bisa disebut bahwa konsep De Fleur ini memang erat sekali dengan komunikasi massa.

Sebuah informasi bisa disampaikan melalui media perantara (tidak langsung) atau juga bisa melalui opinion leader. Yang dimaksud dengan opinion leader di sini adalah mereka (individu) yang bisa mempengaruhi individu lain yang sedang mencari informasi tertentu atau menerima suatu informasi. Konsep ini memang menarik, karena sebagaimana kita ketahui, komunikasi massa sebenarnya justru lebih sering didapatkan melalui hubungan komunikasi interpersonal dibandingkan langsung melalui media massa.

1. Kelebihan

Melalui model komunikasi ini, ada beberapa macam keuntungan atau kelebihan yang bisa didapatkan. Keuntungan-keuntungan tersebut antara lain:

  • Bagi penerima informasi, mereka bisa terpengaruh oleh apa yang disampaikan opinion leader.
  • Opinion leader akan menggunakan keuntungan ini untuk menebarkan kebaikan-kebaikan sehingga nilai dan moral masyarakat bisa berkembang menjadi arah yang lebih baik.
  • Model komunikasi De Fleur juga bisa mengubah mindset masyarakat yang sebelumnya berupa keyakinan-keyakinan tertentu tanpa alasan yang jelas (mitos), menjadi sebuah cakupan keyakinan yang berdasarkan pada fakta. Ini tentu saja menjadi sebuah keunggulan tersendiri dari fungsi komunikasi tersebut.
  • Model komunikasi ini juga sangat efektif digunakan terutama ketika akan mengubah suatu persepsi atau citra seseorang.

2. Kekurangan

Meski keuntungan tersebut memang terdengar menarik, namun model komunikasi ini juga ada sisi kerugiannya. Beberapa kerugian atau kekurangan dari model komunikasi menurut De Fleur ini antara lain:

  • Individu penerima pesan menjadi kesulitan dengan pilihannya sendiri.
  • Seorang individu bisa menjadi cenderung mengalami kebingungan karena tidak yakin terhadap persepsinya.
  • Individu bisa saja kehilangan cara dalam menggunakan fungsi komunikasi ekspresif yang dimilikinya.

Beberapa kekurangan tersebut disebabkan karena opinion leader yang memberikan informasi atau pemahaman baru kepada individu tersebut. Dengan adanya hal tersebut, maka seorang individu bisa terdoktrin oleh keyakinan baru. Barangkali model ini memang termasuk model yang sangat dekat dengan istilah proses “cuci otak”. Apalagi bila tadi salah satu keuntungannya adalah bisa memperbaiki citra suatu individu atau instansi tertentu, maka hal ini juga berlaku kebalikannya. Model komunikasi ini juga bisa bekerja dengan efektif untuk membuat citra tersebut justru lebih buruk dibandingkan sebelumnya. Tentunya ini juga perlu diketahui terlebih dahulu apa komponen-komponen komunikasi yang terlibat di dalamnya.

Dari berbagai macam hal yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari model komunikasi dari De Fleur ini, maka bisa dikatakan bahwa sebenarnya peran opinion leader adalah pemegang kunci dari komunikasi ini. Oleh karenanya, seorang opinion leader harus benar-benar bisa memiliki nilai dan keyakinan yang bagus terutama untuk menyampaikan informasi yang sifatnya membangun masyarakat. Propaganda mungkin termasuk ke dalam bentuk representasi dari model komunikasi ini. Tentu saja, ada semacam dua sisi dari model komunikasi De Fleur yang bisa digunakan ke arah positif atau pun negatif.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Model Komunikasi