Sponsors Link

8 hubungan antara Manusia dan Komputer dalam Hal Komunikasi

Sponsors Link

Salah satu perangkat yang masih sering digunakan sebagai media komunikasi modern adalah komputer.

ads

Walaupun bukan alat komunikasi utama, tetapi komputer memiliki keunggulan dan peran khusus yang tidak dapat digantikan oleh alat komunikasi lain. Bahkan komputer menjadi perangkat yang wajib dimiliki bagi sebagian orang yang memiliki kepentingan tertentu.

Hal ini wajar melihat banyak hal menjadi mudah dengan perantara komputer, tidak hanya dalam berkomunikasi, tetapi juga kemudahan lain yang ditawarkan seperti aplikasi yang dapat membantu pekerjaan manusia.

Melihat sejarah perkembangan teknologi informasi, tentu kita tidak bisa mengabaikan betapa eratnya hubungan antara komputer dan manusia.

Otak manusia yang selalu berkembang dan menyerap hal baru terus memperbaharui komputer dari jaman ke jaman untuk menjadi alat komunikasi yang lebih simple, mudah digunakan, dan tentunya unggul dalam kualitas.

Kalau kita ingat bagaimana kemampuan komputer di awal mula keberadaannya, komputer mula-mula memiliki berat sekitar 30 ton dan memiliki luas yang sangat memakan tempat. Dan lihatlah bagaimana komputer jaman sekarang, sangat simple bahkan didesain dalam bentuk laptop yang bisa dibawa kemana-mana.

Namun, ternyata hubungan antara komputer dan manusia sangat luas dan meliputi berbagai bidang. Nah, pada artikel ini kita akan membahas mengenai hubungan komputer dengan manusia dalam hal komunikasi, berikut uraiannya :

  1. Psikologi kognitif

Psikologi kognitif merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana manusia menerima, menangkap, mengingat, menalar suatu pesan yang diterimanya.

Dalam hubungannya dengan komputer, kemampuan yang dimiliki oleh manusia ini memberikan suatu umpan balik untuk mengevaluasi kinerja objektif dari sistem komputer.

Antara manusia satu dan yang lain memiliki pandangan masing-masing, sehingga dalam pembuatan dan pengolahan suatu aplikasi yang dapat bermanfaat untuk semua orang, seseorang perlu memahami pengalaman psikologi untuk menyesuaikan program dengan kemampuan dan kebutuhan manusia.

  1. Antropologi

Antropologi merupakan cabang ilmu yang mempelajari mengenai kehidupan sosial atau budaya dari suatu etnis. Hal yang diamati dalam antropologi memiliki daerah yang luas, meliputi ciri fisik, budaya, dan adat istiadat dalam etnis tersebut.

Hal yang membedakan ilmu antropologi dan teori sosiologi komunikasi  adalah antropologi menghubungkan antara kehidupan sosial manusia dengan komputer, dimana kehidupan sosial ini dipengaruhi oleh teknologi yang berkembang dalam masyarakat tersebut.

Contoh kasus yang dapat diamati untuk studi antropologi interaksi suatu tim dengan sistem komputer.

  1. Sosiologi

Seperti yang sebelumnya disinggung, ilmu sosiologi mempelajari mengenai kehidupan sosial dan interaksi dalam masyarakat tertentu.

Ada empat pokok bahasan dalam sosiologi, yaitu fakta sosial, tindakan sosial, khayalan sosiologis, dan realita sosiologis. Lebih lengkapnya, baca artikel kami mengenai sosiologi komunikasi.

Sponsors Link

  1. Teknik elektronika

Komputer adalah seperangkat alat keras yang memiliki program di dalamnya. Namun, program tersebut tidak akan berarti tanpa adanya perangkat keras komputer.

Sehingga, teknik elektronika memiliki hubungan yang cukup penting dengan perkembangan dan modernisasi komputer agar menjadi alat yang lebih simple dan fleksible. Kemampuan manusia untuk mendesain sangat penting dalam hal ini.

  1. Linguistik

Dalam kehidupan sehari-hari, salah satu fungsi bahasa dalam komunikasi interpersonal adalah untuk menciptakan suatu timbal balik antara komunikan dan komunikator.

Dalam penggunaan komputer, kita tentu harus mampu berkomunikasi dengan komputer tersebut. Sehingga ilmu linguistik yang mempelajari mengenai bahasa dibutuhkan dalam hal ini. Ketika kita mengoperasikan komputer, kita harus paham bahasa yang dipakai agar kita dapat memberikan input sekaligus memahami output yang muncul.

Inilah mengapa pembuatan komputer sangat detail dan spesifik, bahasa yang digunakan dalam komputer harus dibuat semudah dan selugas mungkin agar setiap orang mudah mempelajarinya dan tidak terjadi multitafsir.

  1. Perencanaan grafis, desain, dan tipografi

Selain bahasa, ada hal penting lainnya yang sangat mempengaruhi seberapa besar nilai komputer, yaitu gambar yang digunakan sebagai sarana dialog dengan pengguna.

Dalam komputer yang kita pakai sekarang ini, bukan hanya tulisan yang muncul, melainkan juga disertai gambar yang sangat membantu manusia memahami bahasa dalam komputer.

Maka dari itu, ilmu perencanaan grafis menjadi salah satu bidang yang memuat hubungan antara manusia dengan komputer dalam komunikasi.

Kemampuan manusia dalam mendesain grafis sangat diperhitungkan untuk menunjang keberhasilan dalam pembuatan komputer. Perancang harus mampu mendesain sesuatu yang mudah dipahami dan tidak abstrak, namun tetap memiliki nilai estetika yang tinggi.

Sponsors Link

  1. Ilmu komputer

Ilmu komputer merupakan studi yang mempelajari seputar komputer, meliputi algoritma dalam komputer, teori-teori, analisis, desain, dan lain sebagainya.

Melalui studi ini, seseorang akan mengetahui dan memahami mengenai kerangka kerja untuk merancang sistem interaksi antara komputer dan manusia.

Dalam ilmu komputer juga akan dijelaskan bagaimana membuat aplikasi yang dapat dengan mudah digunakan manusia untuk membantu pekerjaan yang umumnya bersifat spesifik.

Karena itu, seseorang yang ingin membuat aplikasi komputer harus memahami betul bahasa komputer, cara kerja komputer, dan juga menguasai bagaimana membuat program.

  1. Perencanaan industri

Perencanaan industri ini berhubungan dengan menciptakan suatu produk/teknologi yang semakin menarik, mudah, dan bisa disukai di pasaran.

Misalnya, pengembangan ponsel supaya semakin mudah dan canggih. Kita bisa melihat buktinya dengan memperhatikan transformasi ponsel dari tahun ke tahun.

Oleh karena itu, perencanaan industri sangat berperan dalam kemajuan teknologi masa kini.

Sekian artikel mengenai hubungan antara manusia dan komputer dalam komunikasi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi digital