Sponsors Link

8 Fungsi Komunikasi dalam Sosialisasi – Penerapan

Sponsors Link

Mengetahui fungsi komunikasi dalam sosialisasi akan membantu kita betapa pentingnya komunikasi ini dilakukan agar kehidupan bersosial bisa terjalin dengan baik. Berbagai macam fungsi ini biasanya sangat erat kaitannya dengan bagaimana kita menjadi makhluk sosial seutuhnya. Tentunya komunikasi memang memiliki peranan yang penting untuk mewujudkan hal ini. Sosialisasi tidak terbatas pula pada bagaimana cara kita bersosialisasi kepada masyarakat, namun ini juga akan sangat erat kaitannya bagaimana komunikasi publik bisa terjadi.

ads

Berikut ini adalah beberapa fungsi-fungsi komunikasi dalam sosialisasi yang tentu saja sangat berguna untuk diketahui. Fungsi-fungsi ini merupakan manfaat dari komunikasi sosial yang akan membantu dalam proses bersosialisasi.

  1. Menjadi sarana eksistensi diri

Komunikasi bisa menjadi sebuah sarana untuk eksistensi diri. Ini berarti, seseorang akan memiliki hubungan sosial yang baik apabila bisa menerapkan komunikasi interpersonalnya dengan baik. Kemampuan bersosialisasi bisa dlihat dari bagaimana cara seseorang berkomunikasi dengan yang lainnya. Tentu saja, eksistensi diri ini penting supaya kita juga terlibat aktif dalam kehidupan bermasyarakat.

  1. Mengenalkan informasi baru

Informasi baru tidak mungkin bisa disampaikan tanpa adanya komunikasi. Proses inilah yang kemudian menjadikan komunikasi sangat berkontribusi dalam sosialisasi. Informasi baru yang bisa menjadi sumber klarifikasi atau sumber pengetahuan baru bisa membuat masyarakat menjadi lebih paham terhadap suatu permasalahan.

  1. Menjadi sarana bertukar informasi

Komunikasi juga bisa menjadi sarana untuk bertukar informasi. Ini akan sangat terlihat terutama apabila interaksi antar individu yang terjadi memindahkan pesan dari satu kepada yang lainnya. Sarana bertukar informasi ini merupakan fungsi komunikasi dalam sosialisasi yang memang cukup terlihat nyata dalam kehidupan sehari-hari. Fungsi komunikasi sosial ini memang penting.

  1. Menghubungkan individu

Dengan adanya komunikasi, maka individu bisa saling terhubung satu sama lain. Komunikasi membuat individu bisa saling berinteraksi. Interaksi inilah yang kemudian bisa disebut sebagai proses sosialisasi. Komunikasi akan sangat membantu mewujudkan proses sosialisasi yang baik apabila proses interaksi sosial di dalamnya juga terjadi dengan lancar.

  1. Mempererat kerja sama

Kerja sama bisa dibangun dengan saling mempererat hubungan komunikasi antar individu. Proses ini juga bisa terbangun karena sosialisasi yang baik dari masing-masing pihak yang terlibat. Dengan semakin kuatnya kerja sama, maka pekerjaan atau pun tujuan suatu organisasi maupun kelompok lain bisa diwujudkan dengan lebih cepat.

  1. Membangun jaringan

Jaringan bisa terbentuk dengan adanya proses komunikasi. Komunikasi akan membangun suatu jaringan komunikasi tersendiri dimana masing-masing pihak yang ada di dalamnya akan saling terhubung satu sama lain. Ini sebenarnya sedikit mirip dengan poin keempat dari fungsi komunikasi terhadap sosialisasi.

  1. Memperkuat informasi

Informasi yang disosialisasikan kepada khalayak akan menjadi lebih kuat dengan adanya proses komunikasi. Perpindahan informasi seringkali tidak jelas dan sumber aslinya menjadi hilang. Dengan adanya komunikasi yang baik, maka sumber informasi bisa tetap dilacak sehingga pesan tersebut kuat maknanya.

  1. Menjadi sarana promosi

Promosi juga bisa menjadi salah satu fungsi komunikasi di dalam sosialisasi. Penawaran terhadap suatu informasi baru bisa menjadi pilihan menarik bagi setiap individu yang terlibat dalam proses komunikasi ini. Beberapa orang mungkin bisa memanfaatkan fungsi ini untuk mengembangkan bentuk komunikasi bisnis mereka. Peran media massa juga biasanya turut berpengaruh.

Itulah tadi beberapa macam fungsi dari komunikasi. Komunikasi memang sangat identik dengan hubungan sosial antar individu. Tidak heran bila kemudian fungsi komunikasi dalam sosialisasi menjadi begitu banyak dan juga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Interaksi Sosial