Sponsors Link

8 Contoh Interface pada Komunikasi Data

Sponsors Link

Pembahasan pada posting kali ini akan mengulas topik mengenai contoh interface pada komunikasi data. Istilah interface mungkin akan terdengar lebih familiar sebagai “antar muka” jika kita terjemahkan secara harafiah. Artinya, ini merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna dengan suatu sistem. Antar muka ini memungkinkan terjadinya komunikasi antara pengguna dan juga sistem. Ketika pengguna memberikan informasi tertentu, sistem juga akan memberikan umpan balik pada pengguna. Inilah yang disebut dengan interface.

ads

Baca juga:

Dalam komunikasi data, interface merupakan hal yang penting. Tanpa adanya interface, mungkin saja proses komunikasi antara pengguna dan juga sistem tidak akan berjalan dengan baik. Berikut adalah berbagai macam contoh dari interface yang bisa kita pelajari. Ini akan menambah wawasan kita mengenai konsep antarmuka ini:

  1. Interface grafis

Interface grafis lebih banyak memunculkan tampilan-tampilan interaktif tertentu yang memungkinkan pengguna merasa seolah-olah ada komponen yang memberikan ilustrasi nyata di hadapannya. Video, suara dan gambar merupakan unsur multimedia yang ada dalam interface grafis ini. Komponen pendukung komunikasi data ini akan membentuk interface yang baik.

  1. Interface tulisan

Interface dalam bentuk tulisan biasanya lebih sederhana dan digunakan pada perangkat-perangkat yang fungsinya sangat mendasar. Interface dalam tulisan juga memungkinkan pengguna untuk membuat suatu pilihan-pilihan yang ditawarkan dalam antar muka tersebut. (Baca juga: Jurnalistik online)

  1. Pemilihan Menu

Contoh interface selanjutnya bisa dilihat pada proses pemilihan menu. Kita mungkin pernah melihat di layar ponsel pintar ketika kita diberikan pertanyaan pilihan untuk melakukan proses pembaruan atau tidak pada sebuah aplikasi. Pilihan ya atau tidak itu merupakan pilihan menu yang bisa kita gunakan.

  1. Interaksi langsung

Interaksi langsung berarti bahwa apa yang kita buat akan kita dapatkan seperti proses yang sudah kita lakukan sebelumnya. Sebagai contoh saat mengetik naskah dalam suatu program, kita akan mendapatkan bentuk yang sama pula ketika naskah tersebut dicetak.

  1. Perintah tertulis

Perintah tertulis bisa dilihat ketika ada antar muka yang meminta kita menuliskan sesuatu. Contoh paling mudah adalah ketika kita membuat sebuah email. Ini merupakan contoh dari interface berupa perintah tertulis yang bisa kita lakukan sehari-hari.

  1. Perintah dengan bahasa alami

Contoh interface pada komunikasi data selanjutnya bisa berupa perintah dengan menggunakan bahasa alami. Contoh ini bisa kita temukan ketika kita melakukan pencarian melalui internet. Ini adalah bentuk antar muka yang membuat pengguna bisa menggunakan bahasa-bahasa alami di dalamnya. (Baca juga: Fungsi komunikasi data)

  1. Pengisian form

Antar muka selanjutnya bisa dilihat dalam bentuk pengisian form. Katakanlah ketika kita akan mendaftar sebuah akun yang ada dalam website, biasanya kita akan disodori formulir untuk diisi. Kira-kira begitulah contoh dari interface yang berupa pengisian form ini.

  1. Perintah suara

Perintah suara belakangan menjadi sebuah unsur yang tidak asing lagi. Kita bisa melakukan pencarian dengan mudah menggunakan perintah suara. Ini juga merupakan bentuk dari interface yang juga bisa kita temukan dalam sehari-hari.

Itulah berbagai macam jenis interface yang ada dalam komunikasi data. Masih ada banyak lagi jenis dari interface ini. Pada dasarnya, sesuatu yang memungkinkan terjadinya interaksi antara pengguna dengan sistem itu merupakan sebuah konsep dari interface. Yang jelas, dengan adanya interface maka proses interaksi dengan sistem juga bisa berlangsung dengan lebih  baik. Kita bisa mengembangkan lagi contoh interface pada komunikasi data sehingga menambah wawasan kita.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi digital