Sponsors Link

8 Cara Komunikasi Publik yang Efektif dan Mudah Dipahami

Sponsors Link

Komunikasi publik merupakan suatu jenis komunikasi yang dilaksanakan oleh seseorang di depan banyak orang. Komunikasi publik juga merupakan suatu keterampilan atau kemampuan komunikasi didepan umum yang dapat berupa penyampaian suatu informasi, gagasan, maupun suatu ajakan.

ads

Komunikasi publik juga menjadi salah satu cara mempengaruhi orang lain dalam komunikasi. Oleh sebab itu, kemampuan komunikasi yang satu ini memang sulit untuk dikuasai, dimana biasanya dibutuhkan kebiasaan serta latihan secara terus menerus untuk menguasainya.

Salah satu penanda komunikasi publik yang efektif adalah pada bagaimana pembicara dapat menyampaikan pesan yang dapat dimengerti dengan mudah oleh para pendengar atau audience. Lalu bagaimana cara komunikasi publik yang efektif? Berikut ini ada 8 cara komunikasi publik yang efektif yang wajib anda simak:

  1. Belajar Komunikasi Spontan

Cara komunikasi publik yang efektif pertama adalah dengan belajar menjadi spontan dalam melakukan komunikasi. Artinya bahwa anda dilarang untuk menghafal teks pidato atau pun catatan-catatan yang anda buat.

Hal ini disebabkan karena jika anda tidak dapat spontan, maka komunikasi publik anda dapat menjadi kaku, membosankan, hingga penyampaian materi yang kacau. Spontan juga bukan berarti berbicara nglantur tetapi harus tetap terstruktur yang baik serta tetap menggunakan bahasa yang benar.

  1. Buatlah Poin-Poin Penting

Cara yang kedua ini memang masih berhubungan dengan cara yang pertama, dimana anda harus dapat berbicara spontan dan sesuai dengan poin-poin penting yang ingin anda sampaikan.

Oleh sebab itulah, membuat poin-poin penting dari materi yang ingin disampaikan adalah penting adanya agar komunikasi publik anda dapat berjalan efektif. Selain itu, dengan membuat poin-poin dan menjelaskannya secara spontan juga dapat membantu anda membangun komunikasi yang baik dengan audience, dan materi yang disampaikan tidak akan monoton.

  1. Perhatikan Time Management

Salah satu kunci dari komunikasi publik adalah pentingnya memperhatikan time management. Disini juga masih berkaitan dengan cara yang kedua.

Dimana dengan membuat poin-poin penting dari materi yang akan disampaikan dapat membantu anda mengatur time management atau durasi dari setiap penjelasan yang disampaikan.

Jika anda dapat mengatur time management dengan baik, maka komunikasi publik yang anda lakukan dapat berjalan dengan efektif serta berkesan pula bagi para audience karena inti materi yang disampaikan dapat dipahami dengan lebih baik.

  1. Lakukan Interaksi dengan Audience

Selain memperhatikan kesiapan diri, serta proses penyampaian materi seperti cara-cara diatas, anda juga perlu untuk melakukan interaksi dengan audience jika anda ingin komunikasi publik anda berjalan secara efektif. Hal ini juga disebabkan karena komunikasi publik merupakan suatu kemampuan dalam membangun komunikasi dua arah. Anda dapat melakukannya dengan cara memberikan audience waktu untuk menyampaikan pertanyaan maupun pendapat, dan lain sebagainya.

  1. Berbicara dengan Jelas

Cara komunikasi publik yang efektif selanjutnya adalah dengan berbicara secara jelas. Hal ini dikarenakan komunikasi publik merupakan suatu kemampuan komunikasi di muka umum, sehingga jika anda tidak dapat berbicara secara jelas maka materi atau inti dari yang anda sampaikan tidak dapat tersampaikan dengan baik.

Sponsors Link

  1. Gunakan Variasi Intonasi

Selain berbicara dengan jelas, anda juga dapat menggunakan berbagai macam variasi intonasi dalam kalimat-kalimat yang anda sampaikan.

Dengan begitu maka penyampaian informasi atau materi yang anda lakukan dapat menjadi lebih menarik dan membangunkan suasana pendengar atau audience. Sama hal nya dengan fungsi intonasi dalam berita, kejelasan intonasi dalam komunikasi publik juga dapat membantu para audience memahami apa yang disampaikan jauh lebih baik lagi.

  1. Be interesting

Modal utama dalam komunikasi publik yang efektif adalah dengan menjadi menarik, salah satunya melalui kepercayaan diri yang baik.

Menjadi percaya diri juga dapat memudahkan anda dalam menyampaikan informasi atau materi dalam komunikasi publik. Buanglah rasa gugup atau takut dalam diri anda, dan cobalah untuk menjadi seorang yang menyenangkan dan menarik.

  1. Persiapan Matang

Cara komunikasi publik yang efektif yang terakhir adalah dengan melakukan persiapan yang matang. Bukan hanya persiapan materi yang bagus saja tetapi anda juga perlu mempersiapkan mental dan penampilan yang baik serta menarik. Dengan persiapan yang matang pula komunikasi publik anda dapat berjalan lebih baik dan efektif.

Itulah 8 cara komunikasi publik yang efektif, anda juga dapat membaca teori komunikasi publik untuk lebih memahami mengenai komunikasi publik yang efektif. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,