Sponsors Link

8 Tipe Komunikasi Environmental yang Umum

Sponsors Link

Membahas mengenai tipe komunikasi environmental memang satu hal yang cukup jarang diketahui. Tidak banyak mengenai pembahasan dari komunikasi environmental, yang memang kaitannya sangat erat dengan bagaimana kita mengamati lingkungan beserta tanda-tanda yang mungkin saja bisa terjadi di sekitaran kita. Komunikasi ini termasuk dalam jenis-jenis komunikasi yang jarang ditelaah. Tentunya komunikasi environmental akan sangat relevan dengan pembahasan mengenai bagaimana cara memecahkan permasalahan-permasalahan lingkungan yang ada saat ini.

ads

Dalam komunikasi environmental, fokus utamanya biasanya lebih didasarkan pada bagaimana solusi yang baik dan tepat untuk menangkap suatu pertanda dari lingkungan, untuk kemudian diterjemahkan menjadi paparan informasi baru. Berikut ini adalah beberapa macam tipe dari komunikasi environmental yang mungkin saja sering diterapkan dan dilakukan:

  1. Komunikasi dengan sifat pragmatis

Komunikasi environmental tipe yang pertama adalah tipe pragmatis. Biasanya, komunikasi ini membahas masalah umum mengenai lingkungan yang terjadi. Tentu saja, sifat pragmatis dari tipe komunikasi ini akan membangun kesadaran dan memancing stimulus seseorang untuk memecahkan suatu permasalahan yang mungkin saja terjadi di sebuah lingkungan. Komunikasi persuasif umum dibentuk dalam tipe ini.

  1. Komunikasi dengan sifat konstitutif

Komunikasi environmental dengan sifat konstitutif merupakan jenis komunikasi lingkungan yang membantu membentuk representasi dari masalah-masalah di alam. Ini sangat berkaitan dengan penemuan-penemuan masalah baru yang ada di lingkungan atau alam. Artinya, solusi belum menjadi sebuah hal yang akan dicetuskan di sini, melainkan penemuan masalah terlebih dahulu yang akan dimunculkan. Hambatan-hambatan komunikasi yang ada juga mungkin termasuk tentang rendahnya kesadaran masyarakat kepada lingkungan sekitar.

  1. Komunikasi pertanian

Komunikasi pertanian jelas menggambarkan salah satu bentuk komunikasi dengan sifat environmental. Di bidang pertanian, erat sekali kaitannya dengan komunikasi teknologi baru terkait dengan apa saja yang bisa dikembangkan dalam pertanian. Komunikasi ini sudah spesifik pada bidang pertanian.

  1. Komunikasi peternakan

Komunikasi peternakan juga merupakan salah satu tipe komunikasi environmental yang mungkin tidak disadari diterapkan juga dalam bidang peternakan. Terdapat metode-metode yang khusus diterapkan dalam bidang peternakan, dan mengkomunikasikannya supaya bisa tepat serta diterima masyarakat luas.

  1. Komunikasi perkebunan

Komunikasi perkebunan juga merupakan bentuk dari komunikasi environmental yang lebih berfokus pada tata kelola suatu perkebunan. Di dalamnya mungkin tidak akan terlalu banyak membahas mengenai prinsip komunikasi tertentu. Namun pada dasarnya, komunikasi environmental ini tetap bisa diterapkan dalam jenis komunikasi ini. Model-model komunikasi di dalamnya pun belum begitu banyak dikembangkan.

  1. Komunikasi geologi dan geofisika

Komunikasi geologi dan geofisika akan membahas lebih banyak mengenai keanekaragaman hayati dan juga bagaimana proses fisika yang terjadi di bumi. Ini akan memberikan suatu paparan fenomena-fenomena terkait dengan kondisi alam yang ada.

  1. Komunikasi oseanografi

Komunikasi oseanografi merupakan jenis komunikasi yang berfokus pada ilmu kelautan. Komunikai environmental ini merupakan jenis komunikasi yang mungkin masih asing bagi beberapa orang. Namun demikian, penerapannya pun ada dan juga bagus untuk pengembangan terkait dengan bagaimana kondisi kelautan di lingkungan saat ini. Fungsi-fungsi komunikasi ini tentu sangat berguna untuk menggambarkan lingkungan kelautan secara spesifik.

  1. Komunikasi geografi

Komunikasi geografi adalah bentuk dari komunikasi environmental yang menggambarkan keadaan bumi secara umum. Bagaimana kondisi alam yang terkait dengan geografis akan diungkapkan dengan lebih baik melalui komunikasi geografi. Tentu saja ini akan memberikan suatu makna yang lebih baik dalam penerapan saat membahas mengenai masalah-masalah terkait dengan lingkungan.

Jadi, itulah beberapa tipe dari komunikasi environmental. Komunikasi lingkungan cukup penting, mengingat semakin banyaknya isu terkait dengan keseimbangan alam saat ini. Global warming misalnya, tidak mungkin bisa disosialisasikan dengan baik apabila tidak ada komunikasi lingkungan. Telaah mengenai tipe komunikasi environmental ini bisa menjadi lebih dalam saat kita mengupasnya satu per satu.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Oleh :