Sponsors Link

5 Fungsi Komunikasi dalam MSDM

Sponsors Link

Sebagian dari kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan fungsi komunikasi dalam MSDM. MSDM atau Manajemen Sumber Daya Manusia sudah tentu akan banyak membahas mengenai bagaimana pengaturan yang ada dalam sebuah organisasi. Jika sudah bicara tentang organisasi, tentu saja konteks komunikasi yang akan kita bahas di sini adalah komunikasi organisasi. Komunikasi organisasi memang penting terutama untuk menjalin interaksi dan transfer informasi sehingga apa yang sedang menjadi tujuan atau proyek dari sebuah organisasi bisa tercapai dengan lebih cepat.

ads

Baca juga:

Pun demikian halnya dengan MSDM. Tanpa adanya komunikasi dalam manajemen tersebut, pengaturan akan sumber daya manusia ini mungkin bisa saja terganggu dan tidak bisa optimal. Berikut ini adalah beberapa macam fungsi dari komunikasi terkait dengan MSDM. Kita akan melihat bagaimana fungsi dari komunikasi tersebut mampu membuat pengaturan terutama arus informasi yang ada sehingga pengelolaan dari sumber daya yang ada pun bisa menjadi lebih optimal. Tanpa banyak berpanjang kata lagi, berikut adalah ringkasannya:

  1. Menyelesaikan Permasalahan

Salah satu fungsi paling baik dari adanya komunikasi organisasi terkait dengan MSDM adalah kemampuannya dalam menyelesaikan permasalahan. Sebuah organisasi pasti tidak akan lepas dari adanya konfik yang ada di antara anggotanya. Melalui komunikasi, konflik tersebut bisa diselesaikan. Pihak yang saling terlibat konflik akan memberikan klarifikasi sehingga akan ditemukan jalan tengah permasalahan yang sedang dihadapi. (Baca juga: Strategi komunikasi organisasi)

  1. Mengoptimalkan Produktivitas

Selain berguna untuk mengatasi konflik, komunikasi organisasi juga bisa meningkatkan produktivitas dari organisasi yang ada. Katakanlah jika sebuah perusahaan tidak memiliki sistem komunikasi yang baik, bisa saja anggota-anggotanya bekerja dengan tidak teratur. Produktivitas dari perusahaan tersebut bisa saja menurun. Oleh karenanya, dibutuhkan sistem komunikasi manajemen yang baik sehingga setiap anggota bisa mendapatkan informasi dan petunjuk yang tepat untuk menyelesaikan pekerjaan. Manajemen komunikasi dalam perusahaan yang baik akan memberikan manfaat bagi perusahaan tersebut.

  1. Menciptakan Relasi atau Hubungan

Ada fungsi komunikasi dalam MSDM yang juga cukup penting. Ini adalah tentang bagaimana organisasi atau perusahaan mampu membangun relasi kepada perusahaan lain. Tanpa adanya sistem komunikasi yang baik, mungkin hal ini tidak akan bisa tercipta. Biasanya komunikasi dalam MSDM akan mengutamakan bagaimana proses interaksi yang ada di antara anggota yang terlibat. Ketika hal ini sudah semakin kuat, maka eksistensi perusahaan juga bisa diperlebar lagi. (Baca juga: Pola komunikasi organisasi)

  1. Membangun Kepuasan Kerja

Adanya penyelesaian konflik yang jelas, produktivitas yang meningkat serta kenyamanan dalam berinteraksi merupakan indikator kepuasan kerja. Tak heran jika kemudian komunikasi di dalam organisasi mampu memberikan kepuasan kerja tersendiri. Tidak bisa dibayangkan jika ada hambatan komunikasi yang sangat signifikan sehingga berpengaruh terhadap hal ini. Kepuasan kerja mampu menciptakan loyalitas, dimana ini juga akan menguntungkan pula bagi organisasi atau perusahaan yang ada.

  1. Memanfaatkan Sumber Daya

Sumber daya yang ada dalam sebuah organisasi tidak hanya semata-mata dilihat dari sumber daya manusia saja. Masih banyak hal lain yang juga bisa ikut dimanfaatkan ketika proses komunikasi yang ada juga berjalan dengan baik. Tentu saja hal ini akan memberikan manfaat lebih, dimana semua potensi yang ada bisa dikerahkan dan peningkatan terhadap laju pertumbuhan organisasi bisa terlihat semakin mantap.

Jadi, bagaimana? Cukup penting rupanya komunikasi dalam organisasi. Kita bisa melihat beberapa manfaat di atas sebagai gambaran umum bahwa komunikasi memang diperlukan untuk membuat organisasi atau perusahaan bisa berjalan dengan baik. Masih ada banyak fungsi komunikasi dalam MSDM yang tentu saja bisa kita gali untuk menambah wawasan kita.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :