Sponsors Link

6 Permasalahan dalam Komunikasi Antar Komputer

Sponsors Link

Pada posting kali ini kita akan membahas mengenai permasalahan dalam komunikasi antar komputer yang sering terjadi. Komputer merupakan salah satu sarana dalam komunikasi jaringan saat ini. Kita juga tidak bisa menampik bagaimana komputer ini dapat memberikan kontribusi yang banyak terutama untuk menyambungkan informasi. Cara kerjanya pun cukup unik. Sebuah komputer bisa terhubung dengan komputer lain atau bahkan perangkat lainnya dengan menggunakan jaringan komunikasi tertentu baik itu melalui saluran internet, sinyal nirkabel dan lain sebagainya.

ads

Baca juga:

Yang menjadi masalah adalah ketika sebuah komputer mengalami gangguan. Proses komunikasi akan ikut terganggu karena perangkat yang ada tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya. Hal ini wajar dan sering terjadi mengingat sistem yang diciptakan manusia tersebut memang membutuhkan perawatan rutin. Berikut adalah beberapa permasalahan umum pada komunikasi yang ada dalam jaringan komputer. Kita bisa mengetahui beberapa permasalahan ini untuk mengetahui cara mencegah dan mengatasinya. Seperti apa? Mari kita simak:

  1. Koneksi Jaringan Internet yang Lambat

Jaringan internet menjadi kunci dari komunikasi antar komputer yang lancar. Terjadinya permasalahan pada jaringan internet bisa menyebabkan komunikasi antar komputer menjadi terganggu. Kita bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu pada jaringan internet yang ada. Jika memang jaringan sedang mengalami down sehingga kecepatannya melambat, maka kita bisa menyimpulkan bahwa permasalahan memang ada pada jaringan internet. (Baca juga: Prinsip komunikasi data)

  1. Kerusakan pada Kabel Penghubung

Selain jaringan internet yang lambat, kita juga perlu melakukan pemeriksaan pada kabel penghubung komputer. Permasalahan ini bisa saja terjadi ketika ternyata ada kabel yang lepas atau mengalami kerusakan seperti misalnya kondisi kabel yang mengelupas atau terputus oleh gangguan hama. Pemeriksaan bisa dilakukan dengan melihat indikator apa yang muncul pada komputer.

  1. Kerusakan pada Komponen Jaringan

Komponen jaringan juga bisa mengalami kerusakan. Gangguan seperti misalnya sambaran petir dan lain sebagainya kadang bisa mengakibatkan komponen jaringan pada komputer menjadi bermasalah. Untuk mengatasinya, kita bisa melakukan pengamanan tambahan. Kartu jaringan yang ada pada komputer juga perlu diperiksa secara berkala untuk memastikan tidak ada gangguan lain yang mungkin saja bisa terjadi. (Baca juga: Komponen pendukung komunikasi daring)

  1. Serangan Virus

Serangan oleh virus akan berdampak terutama pada bagian perangkat lunak komputer. Virus bisa saja melakukan pengaturan tertentu yang akan menggangu proses komunikasi pada komputer. Ini merupakan permasalahan dalam komunikasi antar komputer yang umum juga terjadi dan kita bisa melakukan pencegahan dengan cara mengaktifkan program anti virus pada komputer. Pembaruan secara berkala juga diperlukan pada perangkat lunak anti virus untuk terhindar dari serangan virus.

  1. Switch yang Mengalami Gangguan

Switch jaringan bisa mengalami gangguan. Ini perlu dilakukan pemeriksaan juga untuk memastikan bahwa masalah komunikasi yang ada pada komputer tidak berasal dari switch. Untuk mengatasi hal ini, kita bisa melihat indikator yang ditunjukkan pada lampu di setiap switch yang ada. Umumnya, mana yang mengalami kerusakan bisa terlihat dari situ. (Baca juga: Fungsi port number dalam komunikasi jaringan komputer)

  1. Masalah Kelistrikan

Terakhir adalah tentang masalah kelistrikan. Komputer tidak bisa bekerja jika tidak ada daya yang menyalakannya. Pun demikian dengan sistem jaringan yang ada. Ketika ada komputer yang bermasalah karena kelistrikan, bisa saja gangguan pada jaringan komunikasi tersebut akan terganggu. Data menjadi tidak bisa dibaca. Walau demikian, saat ini sudah ada program-program tertentu untuk mencegah hal semacam ini.

Demikian penjelasan ringkas mengenai jaringan pada komputer. Semoga paparan mengenai permasalahan dalam komunikasi antar komputer ini bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Daring