Sponsors Link

3 Jenis Literasi Media dalam Komunikasi Massa

Sponsors Link

Semakin berkembangnya zaman menjadikan akses informasi menjadi semakin mudah dan lebih mudah pula memberikan dampak, baik dampak positif maupun negatif. Kemudahan akses informasi juga sering membuat resah publik, karena informasi atau isi pemberitaan yang yang terkadang meragukan atau bahkan karena beberapa efek sosial dalam komunikasi massa.

ads

Oleh sebab itu lah, didalam sebuah dunia publikasi atau dalam komunikasi massa, diperlukan suatu literasi media. Literasi media merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk menciptakan masyarakat “melek media”.

Artinya bahwa publik perlu memiliki suatu pemahaman dan kecakapan terhadap pengetahuan, akses informasi, hingga pembentukan sikap yang benar terhadap media atau informasi yang didapatkan. Berikut ini terdapat beberapa jenis literasi media dalam komunikasi massa yang perlu anda pahami.

Jenis Literasi Media dalam Komunikasi Massa

Komunikasi massa merupakan suatu proses yang dilakukan oleh organisasi media dalam membuat dan menyebarkan informasi maupun pesan kepada publik atau masyarakat umum.

Literasi media dalam komunikasi massa merupakan suatu upaya untuk menciptakan kemampuan publik terhadap media dan pesan media massa didalam komunikasi massa. Beberapa jenis literasi media dalam komunikasi massa, seperti:

  • Media Cetak atau Media Lama

Jenis literasi media dalam komunikasi massa yang pertama adalah media cetak. Media cetak pasti sudah tidak asing lagi dalam dunia publikasi, dalam hal ini biasanya akan menyangkut adanya penggunaan tulisan, gambar, maupun ilustrasi dalam penyampaian pesan maupun informasi pada publik.

Beberapa media cetak yang paling populer adalah majalah dan surat kabar. Media cetak menjadi salah satu bahan literasi media dalam komunikasi massa yang peran sebagai sumber informasi publik yang paling digemari.

  • Televisi

Televisi juga menjadi salah satu jenis literasi media dalam komunikasi media yang didasarkan pada adanya perkembangan teknologi. Tidak seperti media cetak yang hanya memiliki tulisan, gambar, dan ilustrasi, tetapi televisi juga mengandung gambar gerak, visual, maupun video.

Dalam hal ini televisi menjadi jenis literasi media yang memiliki paket akses terlengkap dan mudah sebagai sumber informasi bagi publik.

  • Digital atau Internet

Jenis literasi media dalam komunikasi massa yang terakhir adalah digital atau internet. Sesuai dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin maju juga berpengaruh pada perkembangan literasi media dalam komunikasi massa. Salah satu buktinya adalah dengan perkembangan internet atau digital.

Sekarang ini setiap orang pasti sudah tidak asing lagi dengan internet, bahkan terkadang menjadi susah tanpa adanya internet. Seperti televisi, internet juga memiliki paket lengkap dalam penyampaian informasi. Setiap orang dapat dengan mudah mendapatkan informasi apa yang diinginkan secara luas kapanpun dan dimanapun.

Seperti yang telah dijelaskan diatas, beberapa jenis literasi media dalam komunikasi massa tersebut pastinya sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan sehari-hari. Sebagai seorang makhluk sosial, setiap orang juga tidak dapat hidup dengan sendiri atau bahkan hidup tanpa informasi-informasi dilingkungan sosialnya.

Oleh sebab itu, literasi media dalam komunikasi massa menjadi sangat penting adanya, bahkan juga demi mencapai tujuan “melek media” pada publik. Hal inilah yang juga menjadi salah satu manfaat dari perkembangan teknologi komunikasi dan informasi. Demikian ulasan mengenai literasi media dalam komunikasi massa, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menyadarkan anda pentingnya literasi media dalam komunikasi massa.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Massa