Sponsors Link

8 Gangguan Makna dalam Komunikasi

Sponsors Link

Komunikasi yang tidak efektif bisa saja menimbulkan gangguan makna dalam komunikasi yang cukup berpengaruh dalam kehidupan kita sehari-hari. Komunikasi memang mengandung makna penting, dimana ada proses pertukaran informasi yang bisa digunakan sebagai landasan seseorang dalam melakukan berbagai macam hal. Jenis-jenis informasi tersebut bila disampaikan dengan baik, maka akan menimbulkan proses yang sinergis. Tujuan dari suatu komunikasi bisa tercapai dengan baik dan informasi yang disampaikan tersebut bahkan bisa diteruskan lagi. (Baca juga: Faktor yang mempengaruhi komunikasi)

ads

Sayangnya, jika ada gangguan terhadap makna dari komunikasi, maka akan terjadi beberapa macam hal yang mungkin saja menghambat terjadinya penyampaian informasi tersebut. Penyampaian informasi yang tidak tepat, dapat menimbulkan dampak negatif. Berikut ini adalah beberapa macam gangguan yang bisa saja terjadi sehingga menyebabkan masalah-masalah lain seputar komunikasi:

  1. Kesalahan Persepsi

Kesalahan persepsi dalam proses komunikasi bisa menyebabkan terjadinya gangguan makna. Ini akan terjadi terutama bila masing-masing pihak yang terlibat dalam komunikasi memiliki persepsi atau pandangan-pandangan yang berbeda tetapi tidak dianggap sebagai suatu hal yang wajar sebagai bagian dari komunikasi. Tulisan yang kurang jelas misalnya, ini bisa menjadi hambatan komunikasi tulis. Akan terjadi gangguan makna dalam proses komunikasi yang menyebabkan konflik berkelanjutan.

  1. Informasi yang Tidak Sampai

Informasi yang tidak sampai atau tidak berhasil diteruskan bisa disebabkan oleh banyak hal. Bisa karena faktor pengirim pesan yang kurang dalam memberikan informasi, saluran dari komunikasi tersebut atau justru dari penerima pesan yang memang gagal dalam menangkap informasi tersebut. Informasi yang tidak sampai ini kemudian menjadi sebuah gangguan makna dalam komunikasi tersendiri. (Baca juga: komponen-komponen komunikasi)

  1. Kesalahan Informasi

Bila informasi berhasil diteruskan dan sampai pada penerima, tetapi ternyata penerima bukanlah tujuan dari pesan tersebut maka akan terjadi kesalahan informasi. Informasi ini tidak akan dianggap sebagai sesuatu yang penting bagi penerima karena memang tidak ditujukan kepadanya. Ini akan menyebabkan terjadinya gangguan makna di dalam komunikasi. Ini bisa menjadi bagian dari hambatan-hambatan komunikasi yang sering terjadi.

  1. Kurang Validnya Data

Data yang kurang valid atau kurang menunjang dari adanya proses komunikasi juga akan menyebabkan gangguan makna. Informasi yang disampaikan menjadi kurang begitu dipercaya. Seringkali, informasi yang diteruskan tanpa adanya data yang valid bisa berkembang menjadi sebuah berita bohong. Ini merupakan hal yang sering terjadi dan kita juga dapat menemukannya dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Kesalahpahaman Komunikasi

Kesalahpahaman dalam proses komunikasi bisa terjadi, terutama bila faktor-faktor yang sebelumnya sudah disebutkan muncul dan mempengaruhi komunikasi tersebut. Salah satunya, bisa saja ada gangguan bahasa dalam komunikasi yang menyebabkan kesalahpahaman. Kita hendaknya menghindari berbagai macam hal tersebut supaya bisa lebih berhati-hati dan tidak menimbulkan gangguan makna mau pun konflik yang berkelanjutan.

  1. Penggunaan Makna Konotatif

Kita tahu ada banyak sekali macam makna dalam komunikasi. Salah satunya adalah makna konotatif atau makna yang tidak sebenarnya. Kata-kata hanya merupakan kiasan yang bisa jadi berkebalikan dengan makna sesungguhnya. Seseorang mungkin bisa saja akan menganggap kiasan tersebut sebagai hal yang memang benar dan menjadikan proses komunikasi tidak efektif.

  1. Gangguan Bahasa

Gangguan bahasa juga merupakan salah satu penyebab dari gangguan makna. Harus ada penerjemah yang memberikan pemahaman tersendiri. Sebagai contoh, suatu istilah mungkin tidak bisa diartikan kata per kata, namun harus berupa satu rangkaian utuh. Jika ini terjadi dan diterjemahkan secara mentah saja, maka bisa jadi makna yang ada atau yang ingin disampaikan menjadi jauh berbeda dari yang sesungguhnya. (Baca juga: Faktor penghambat komunikasi dan contohnya)

  1. Gangguan Psikologis

Gangguan psikologis adalah gangguan yang umum terjadi dalam mempengaruhi makna dalam komunikasi. Oleh karenanya, ada baiknya kita mempersiapkan kondisi psikis dengan baik pada saat akan melakukan proses komunikasi sehingga informasi atau pesan yang akan kita sampaikan tidak mengalami perubahan makna. Gangguan makna dalam komunikasi bisa ditangani dengan cara tersebut.

Demikian penjelasan terkait apa saja gangguan makna dalam komunikasi yang bisa saja terjadi dan menimbulkan kesalahan pahaman dalam suatu komunikasi. Semoga dengan mengetahui informasi ini, gangguan yang terjadi dalam diredusi sehingga pesan tersampaikan antara komunikan dan komunikator.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Dasar Komunikasi