Sponsors Link

7 Bentuk Interaksi dalam Hubungan Internasional secara General

Sponsors Link

Proses interaksi tidak hanya berlangsung antara manusia atau individu saja, tetapi juga dapat berlangsung antara negara satu dengan negara lainnya. Sama halnya dengan proses interaksi sosial yang mengandung hubungan timbal balik didalamnya, interaksi antar negara juga memiliki hubungan timbal balik yang erat kaitannya dengan kepentingan negara.

ads

Hubungan tersebut yang kemudian di kenal atau lebih dipahami sebagai suatu hubungan internasional. Interaksi yang terjadi sendiri memiliki beberapa bentuk-bentuk tertentu. Apa saja bentuk interaksi dalam hubungan internasional tersebut? simak ulasan berikut ini:

  1. Interaksi antar negara dengan negara

Bentuk interaksi dalam hubungan internasional yang pertama adalah interaksi antar negara dengan negara. Artinya adalah proses interaksi yang berlangsung dilaksanakan oleh negara satu dengan negara yang lainnya, baik hanya dua negara saja maupun dalam jumlah melebihi dua negara.

Biasanya interaksi yang dilakukan akan menyangkut mengenai upaya mencapai atau memenuhi kepentingan negara yang disampaikan secara tersirat.

  1. Interaksi antara negara dengan aktor bukan negara

Tidak hanya antar negara saja, tetapi bentuk interaksi dalam hubungan internasional juga dapat berupa interaksi yang dilakukan oleh negara dengan aktor bukan negara.

Aktor bukan negara disini dapat berupa IGO (International Governmental Organization) seperti PBB, ASEAN, dan lain sebagainya, atau dapat pula berupa INGO (International Non-Governmental Organization) seperti greenpeace. Interaksi yang berlangsung biasanya akan lebih mengarah pada perencanaan kerjasama serta kegiatan-kegiatan internasional.

  1. Interaksi antar aktor bukan negara

Interaksi dalam hubungan internasional juga dapat berlangsung tanpa melibatkan negara, salah satunya melalui bentuk interaksi dalam hubungan internasional yaitu interaksi antara aktor bukan negara dengan aktor bukan negara. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, maka bentuk interaksi ini dapat berlangsung baik antar sesama IGO atau INGO maupun antara IGO dengan INGO.

Selain ketiga bentuk interaksi dalam hubungan internasional tersebut, interaksi yang berlangsung juga dapat melalui suatu kerjasama. Beberapa bentuk tersebut diantaranya adalah:

  1. Kerjasama Bilateral

Kerjasama bilateral merupakan salah satu bentuk interaksi dalam hubungan internasional yang berlangsung hanya antara dua negara saja. Bentuk interaksi ini biasanya akan mengarah pada adanya kesepakatan dalam bidang perekonomian, kebudayaan, pertahanan, dan lain sebagainya.

  1. Kerjasama Multilateral

Sama halnya dengan bentuk interaksi kerjasama bilateral, bentuk interaksi ini juga mengarah pada adanya kesepakatan-kesepakatan di berbagai macam bidang.

Perbedaannya hanya pada jumlah negara yang ikut serta dalam kerjasama multilateral, dimana disini dilakukan oleh lebih dari dua negara yang tidak dibatasi oleh kawasan maupun wilayah.

  1. Kerjasama Regional

Kerjasama regional merupakan salah satu bentuk interaksi dalam hubungan internasional yang dilakukan oleh beberapa negara dalam satu kawasan atau satu wilayah. Tujuannya juga sama dengan kerjasama bilateral maupun multilateral yaitu untuk menciptakan kesepakatan-kesepakatan dalam berbagai macam aspek di dalam satu kawasan tersebut.

  1. Kerjasama Internasional

Bentuk interaksi dalam hubungan internasional yang selanjutnya adalah melalui kerjasama internasional. Kerjasama internasional merupakan kerjasama atau komunikasi internasional dalam suatu hubungan yang terikat yang dilakukan oleh berbagai negara di seluruh dunia dan di berbagai aspek penting seperti pertahanan, perekonomian, dan lain sebagainya.

Itulah 7 bentuk interaksi dalam hubungan internasional secara general. Sebenarnya masih ada beberapa bentuk interaksi lainnya seperti komunikasi politik melalui diplomasi, dan lain sebagainya.

Sponsors Link
, , , ,