Sponsors Link

6 Contoh Interaksi antar Komponen dalam Lingkungan

Sponsors Link

Didalam suatu lingkungan terdapat komponen-komponen yang saling berinteraksi satu sama lain. seperti suatu komponen-komponen komunikasi.

ads

Interaksi yang terjadi tersebut dapat menyangkut hubungan antara makhluk hidup sejenis yang saling berinteraksi, maupun juga hubungan atau interaksi yang berlangsung antara makhluk hidup yang tidak sejenis, termasuk pula dengan lingkungan abiotiknya.

Hal ini disebabkan karena suatu lingkungan itu sendiri yang memang terdiri dari berbagai macam atau variasi komponen didalamnya. Interaksi antar komponen dalam lingkungan sendiri dapat dilihat dari tingkatan individu, populasi, komunitas, ekosistem, bahkan juga biosfer. Beberapa contoh interaksi antar komponen dalam lingkungan diantaranya adalah:

  1. Interaksi antar Individu

Contoh yang pertama adalah adanya interaksi antar individu yang terjadi didalam lingkungan. Individu merupakan organisme tunggal yang hidup pada suatu lingkungan atau habitat. Sebagai contoh adalah seorang manusia, seekor kucing, dan lain sebagainya.

Individu-individu tersebut pastinya akan melakukan interaksi satu sama lain sebagai suatu komponen dalam lingkungan. Interaksi antar individu ini nantinya juga akan membentuk suatu populasi.

  1. Interaksi antar Populasi

Populasi terbentuk karena adanya interaksi antar individu dalam lingkungan, dimana populasi merupakan suatu sekumpulan makhluk hidup yang sejenis yang juga menempati ruang serta waktu yang sama.

Sebagai contoh seperti adanya populasi masyarakat Jawa, sekelompok semut, dan lain sebagainya. Sama seperti interaksi antar individu, interaksi antar populasi nantinya juga akan membentuk suatu komunitas.

  1. Interaksi antar Komunitas

Interaksi yang terjadi antar populasi membentuk suatu komunitas. Komunitas merupakan suatu perkumpulan dari populasi-populasi yang tidak sejenis tetapi tetap menempati tempat dan waktu yang sama.

Sebagai contoh seperti komunitas padang pasir yang terdiri dari populasi hewan kalajengking serta populasi kaktus, dan lain sebagainya. interaksi antar komunitas kemudian membentuk suatu ekosistem, dan interaksi antar ekosistem akan membentuk biosfer.

  1. Interaksi antar Komponen Abiotik

Didalam suatu lingkungan pasti terdiri dari komponen abiotik dan komponen biotik. Komponen abiotik sendiri merupakan suatu komponen yang tidak hidup yang berada di dalam ekosistem atau lingkungan. Beberapa diantaranya seperti sinar matahari, udara, air, dan juga suhu.

Salah satu contoh interaksi antar komponen abiotik adalah adanya peningkatan terhadap suhu bumi secara global, sehingga memberikan efek buruk terhadap mencairnya kutub yang menyebabkan volume lautan menjadi meningkat.

  1. Interaksi antar Komponen Biotik

Berkebalikan dengan komponen abiotik, komponen biotik didalam lingkungan merupakan komponen-komponen yang hidup atau komponen lingkungan yang terdiri dari makhluk hidup.

Beberapa diantaranya adalah manusia, hewan, dan juga tumbuhan. Salah satu contoh interaksi antar komponen biotik dalam lingkungan adalah adanya proses interaksi sosial yang berlangsung antara manusia didalam lingkungan tersebut,

  1. Interaksi antar Komponen Biotik dan Abiotik

Contoh interaksi antar komponen dalam lingkungan yang terakhir adalah interaksi yang terjadi antara komponen biotik dan abiotik sebagai salah satu alasan banyaknya jenis-jenis interaksi sosial dalam suatu lingkungan.

Sebagai contoh seperti interaksi antara cahaya dengan tumbuhan, dimana cahaya matahari dibutuhkan tumbuhan untuk melakukan fotosintesis.

Manusia juga membutuhkan udara dan air setiap harinya, dimana kondisi tersebut juga termasuk dalam interaksi antar komponen yang terjadi didalam lingkungan hidup. Selain kedua contoh tersebut masih banyak lagi contoh lainnya, karena komponen biotik dan abiotik akan selalu berkaitan satu sama lainnya.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Interaksi Sosial