Strategi Komunikasi

6 Strategi Komunikasi Efektif Saat Pandemi

Seperti yang diketahui, dengan maraknya pandemi Covid-19 yang menyerang hampir ke penjuru dunia, banyak aktifitas yang terganggu karena hal tersebut, seperti kegiatan sekolah, pekerjaan, bisnis, maupun ekonomi. Tak sedikit pula bisnis UKM yang terdampak pandemi ini, meskipun begitu bisnis harus tetap berjalan karena bagaimanapun kebutuhan ekonomi terus meningkat.

Dengan banyak orang yang berupaya beradaptasi dalam kondisi pandemi ini, maka bisnis pun juga harus menyesuaikan gaya bahasa dan penyampaian dalam komunikasi terhadap audiens. Berikut ini sejumlah strategi komunikasi efektif saat pandemi yang bisa anda terapkan dalam aktifitas sehari-hari.

1. Tunjukkan Sikap Empati

Strategi pertama yakni menunjukkan rasa saling empati. Mengabaikan pandemi seperti dengan menjalankan komunikasi layaknya tidak ada apa-apa tentu hal ini bukan langkah yang tepat, apalagi dalam pandemi ini memang banyak orang menghabiskan waktunya secara online dan anda berfikir ini waktu yang tepat untuk memasarkan bisnis.

Beberapa orang menganggap ini sebagai kesempatan emas, namun tanpa adanya strategi komunikasi yang tepat hal itu malah memberikan kesan tidak peduli dengan kondisi alam. Agar tidak salah langkah, maka dari itu anda tunjukkan rasa empati pada audiens jika anda peduli terhadap mereka.

Tidak perlu terus-menerus membahas tentang Covid-19  tersebut, namun pertimbangkan baik-baik pula dalam membuat konten pemasaran atau promosi apakah bisa menimbulkan kesalahpahaman apa tidak? Jangan sampai anda menerapkan gaya komunikasi yang tidak sesuai sehingga bisa menjadi boomerang terhadap bisnismu itu.

2. Pakai Tone dan Gaya Bahasa yang Sesuai

Dalam melakukan promosi, pastinya tone dan gaya bahasa yang digunakan haruslah menyesuaikan dengan brand yang anda miliki, namunya semua itu sekarang harus sesuai dengan konteks. Seperti contohnya jika sebelum pandemi ini anda seringkali menggunakan gaya bahasa yang nyantai atau bahkan nyeleneh.

Bisa jadi saat ini anda perlu mempertimbangkan gaya bahasa yang berbeda. Ada berbagai macam gaya bahasa dalam komunikasi yang bisa anda terapkan, sehingga anda dapat bervarian dan tidak monoton ketika melakukan pembicaraan.

Ditengah pandemi, anda bisa coba menyampaikan dengan gaya penyampain yang lebih serius dalam memberikan informasi yang ada kaitanya dengan Covid-19 tersebut. Akan tetapi bukan berati anda harus merubah sepenuhnya tone dari brand yang anda miliki sebelumnya, anda bisa memakai gaya bahasa yang positif, autentik, serta tidak berlebihan atau bahkan dibuat-buat.

Tunjukkan pada para audiens atau pelanggan anda tentang dukunganmu terhadap mereka dan anda juga menghargai dukungan mereka. Berikan mereka kesan jika anda memberikan prioritas kepada mereka juga saat ini.

3. Berikan Konten Positif

Tidak bisa dipungkiri, banyak orang yang mengaku cemas dan bahkan stress mengetahaui informasi dan berbagai berita mengenai pandemi Covid-19 yang tidak tahu kapan habisnya. Nah dengan banyaknya informasi yang ‘berat’ seperti itu, ada kalanya para audiens ini membutuhkan penyegaran, maka anda bisa memberikan konten positif kepada para audiens.

Selain itu, anda juga bisa memberikan konten hiburan kepada mereka, tapi tetap peka. Namun perlu diingat, jika anda harus tetap berhati-hati dalam memberikan konten agar nantinya tidak terkesan sensitive serta membuat salah paham.

4. Transparan dan Jelas

Dimasa pandemi seperti ini banyak orang yang peduli akan kebersihan dan kesehatan, maka dari itu strategi komunikasi efektif saat pandemi selanjutnya ini anda sampaikan dengan jelas dan terbuka kepada mereka tentang langkah yang bisnis anda terapkan guna memastikan keselamatan mereka.

Nah misalnya anda memiliki usaha makanan, maka dari itu katakan kepada mereka secara transaparan dan jelas soal keamanan dan kebersihan dari makanan yang anda sediakan guna mencegah kontaminasi virus dan memastikan kesehatan dari para konsumen ini tetap terjaga.

Bagaimana cara menyiapkan makanan? Bagaimana memastikan kebersihan produk selama proses pengiriman? Apakah bisa pesan antar? Dan kalau bisa jangan hanya mengatakan langkah-langkahnya saja, tunjukkan secara langsung praktek menjaga kebersihan dari makananmu tersebut sangat baik.

5. Terus Membuat Konten

Berhati-hati dalam membuat konten bukan berarti anda kurang berkomunikasi, pastikan anda tetap tersambung dengan para pengikut di sosial mediamu serta jaga kedekatan dengan mereka. Karena kebijakan social distancing yang digagas pemerintah, maka banyak orang akan menghabiskan sebagian besar waktu mereka di dunia maya.

Menurut sebuah survey, jika selama pandemic Covid-19 ini pengguna Instagram dan Facebook mengalami peningkatan sebesar 40%, view dari Instagram Live dan Facebook Live pun juga meningkat dua kali lipat dalam seminggu. Karena itu, inilah kesempatanmu untuk membuat sebuah konten menarik, unik, dan relevan kepada para audiensmu.

Cobalah sedikit membuat konten yang bisa membantu, menghibur, dan memberikan dukungan kepada mereka. Jika dalam pandemi ini dirasa kurang sesuai untuk mempromosikan produkmu, maka anda bisa membuat konten yang fokus sesuai dengan produkmu.

Dengan begini anda pun masih tetap terhubung dengan para pengikut di sosial media, dan siapa tahu ada calon pembeli juga nantinya. Ada beberapa tips penggunaan media sosial dalam strategi komunikasi bisnis lainnya yang bisa anda terapkan.

6. Selalu Update Website Toko Online

Meskipun Pandemi Covid-19 ini masih belum tahu kapan berakhir, bukan berati anda tidak melakukan update informasi terbaru dari toko online-mu. Pastikan jika  website dari toko online anda ini selalu up-to-date sehingga akan memudahkan calon pembeli dalam mencari informasi soal produk terbaru anda maupun yang lainnya.

Bisa juga ada terus mengupdate informasi FAQ khusus pada website toko online anda, tujuannya adalah memberikan informasi kepada para pelanggan soal ketersediaan produk, status, pengumuman spesial, dan info penting lainnya.

Sertakan pula contact person, jam operasional, alamat, konten yang relevan, dan lain sebagainya sehingga membuat para konsumen tidak ragu lagi untuk berbelanja di toko online anda nantinya. Intinya, keberadaan dari toko online-mu tersebut adalah tempat para calon konsumen untuk mendapatkan informasi lengkap soal bisnis anda.

Jika semua informasi lengkap dan meyakinkan, maka kemungkinan peluang para calon konsumen untuk berbelanja di toko online anda ini semakin tinggi, dan bahkan mereka juga bisa merekomendasikan ke temannya untuk belanja juga di toko online anda suatu saat.

Cukup sekian dulu ulasan tentang strategi komunikasi efektif saat pandemi kali ini, semoga ulasan diatas tadi bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda nantinya. Ketahui juga pembahasan lain mengenai kelebihan dan kekurangan pembelajaran online, hingga gangguan mekanik dalam komunikasi.

Recent Posts

Stonewalling: Pengertian dan Dampaknya

Perdebatan maupun pertengkaran dalam sebuah hubungan memang menjadi sebuah hal yang wajar terjadi, namun yang…

3 years ago

Komunikasi Pemasaran Terpadu – Pengertian, Tujuan, Strategi, Proses

Dalam menjalankan sebuah usaha, berkomunikasi menjadi hal yang perlu dilakukan dan tidak boleh diabaikan begitu…

3 years ago

8 Tips Komunikasi Efektif Di Media Sosial

Sosial media menjadi sebuah lahan promosi yang cukup menguntungkan dan bisa dengan mudah untuk digunakan…

3 years ago

9 Teknik Digital Marketing Paling Efektif

Saat ini digital marketing atau pemasaran digital menjadi senjata yang cukup ampuh bagi mereka pelaku…

4 years ago

5 Contoh Komunikasi Terapeutik Pada Lansia

Komunikasi  Teraupetik adalah sejenis komunikasi yang dirancang dan direncanakan dengan tujuan terapi untuk membina hubungan…

4 years ago

6 Cara Mengatasi Perdebatan Dalam Rapat

Setiap perusahaan ataupun organisasi pasti sering mengadakan kegiatan rapat, dimana ini diadakan untuk mencari jalan…

4 years ago