Komunikasi Pemasaran

Komunikasi Pemasaran Terpadu – Pengertian, Tujuan, Strategi, Proses

Dalam menjalankan sebuah usaha, berkomunikasi menjadi hal yang perlu dilakukan dan tidak boleh diabaikan begitu saja, karena hal ini menjadi poin yang bisa menunjang kesuksesan. Komunikasi disini memiliki arti luas, yakni bisa melakukan komunikasi dengan tim, konsumen, maupun rekan bisnis supaya usaha yang anda jalankan saat ini bisa terus berkembang.

Untuk melakukan komunikasi yang baik dan benar ini tidak bisa sembarangan, karena anda perlu memahamai tehnik komunikasi pemasaran terpadu supaya nanti tercapai goal yang diharapkan. Nah untuk lebih memahami tentang Komunikasi Pemasaran Terpadu tersebut, anda bisa menyimak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Komunikasi Pemasaran Terpadu

Komunikasi pemasaran terpadu adalah proses penentuan strategi komunikasi pemasaran yang berguna untuk mengenalkan sebuah konsep perencaan komprehensif. Dimana hal ini bertujuan untuk melakukan evaluasi peranan strategis yang berasal dari berbagai elemen komunikasi dalam sebuah pemasaran.

Untuk eleman komunikasi yang dimaksudkan contohnya seperti Public Relation, Interactive Marketing, Advertising, Direct Selling, dan juga Sales Promotion untuk memberikan konsistensi, kejelasan, serta memberikan pengaruh komunikasi secara optimal.

Komunikasi pemasaran terpadu ini juga sering diartikan sebagai proses strategi dalam bisnis untuk mengelola hubungan bersama dengan para konsumen bertujuan agar bisa menggerakkan brand value perusahaan mereka. Dengan semakin dikenalnya brand dari perusahaan yang anda miliki, maka bakal lebih mudah lagi dalam menggaet calon konsumen nantinya.

Sejarah Komunikasi Pemasaran Terpadu

Komunikasi Pemasaran Terpadu ini pertama kali terbentuk pada tahun 1990,  dalam kegiatan bisnis terutama bagian pemasaran sudah tidak lagi menggunakan tehnik tradisonal, dimana para pelaku usaha ini mengacu pada strategi pemasaran modern dengan konsep 4P (Product, Price, Place, Promotion).

Dengan adanya strategy 4P tersebut, menjadi awal mula munculnya Komunikasi Pemasaran Terpadu yang tidak hanya menggunakan iklan saja, tapi juga memiliki PS setiap kali pelaku usaha melakukan transaksi dengan para konsumennya.

Tujuan Komunikasi Pemasaran Terpadu

Komunikasi Pemasaran Terpadu bertujuan untuk memberikan pengaruh kepada masyarakat dengan elemen promosinya hingga pada tingkatan affeksi, kognisi, maupun konasi. Pada elemen promosi yang digunakan tadi dibagi atas soft sel dan hard sell yang pastinya dibekali tugas berbeda-beda.

Dalam proses komunikasi pemasaran sendiri juga berbeda-beda, dimana hal tersebut tergantung daripada apa yang ditawarkan juga bagaimana kondisi market pada saat itu. Sehingga komunikasi pemasaran terpadu ini harus dilakukan dengan efektif dan baik.

Untuk promosi tahap soft sell ini terdiri dari public relation, CSR, Advertising, serta Interactive Marketing yang semuanya bertujuan mempengaruhi para konsumen di tingkat kognisi dan affeksi. Lalu untuk hard sell ini terdiri dari personal selling, direct marketing, maupun sales promotion dengan tugas untuk mempengaruhi para konsumen yang berada di tingkat konasi.

Berikut adalah revolusi Komunikasi Pemasaran Terpadu yang perlu anda ketahui, diantaranya:

  • Koordinasi Taktis Santo

Dalam tahap ini, meliputi kombinasi antara komunikasi interpersonal dan juga cross-functional yang dopakai untuk elemen promosi. Menggunakan tehnik memiliki kelebihan yakni anda bisa melihat tujuan secara jelas dan disesuaikan dengan tools penjualan yang ada.

  • Definisikan Ruang Lingkup Marketing Komunikasi

Di tahap selanjutnya ini meliputi perluasan elemen komunikasi, yaitu anda memberikan informasi untuk pelanggan, sekaligus melakukan evaluasi kan feedback yang mereka berikan untuk produk yang anda miliki. Tentu feedback tersebut menjadi sebuah penilaian yang sangat penting untuk terus mengembangkan usaha yang anda miliki.

  • Memanfaatkan Teknologi Informasi

Perkembangan teknologi saat ini memang sudah tidak bisa terbendung, maka dari itu anda perlu memanfaatkannya. Salah satunya dengan cara membuat database manajemen yang bertujuan untuk mengolah semua data yang berkaitan dengan para konsumen.

  • Integrasi Strategi Serta Keuangan

Pada tahap ini tujuannya adalah untuk menyelaraskan program komunikasi dan juga program keuangan, dan juga memperkirakan soal aliran dana yang masuk ke perusahaan dari para konsumen anda.

Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu

Dalam menjalankan tehnik Komunikasi Pemasaran Terpadu ini pastinya ada sejumlah strategi yang harus anda lakukan agar nantinya bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan perencanaan, diantaranya:

  • Target Market Vs Target Audiens

Dalam menjalankan strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu ini anda diwajibkan untuk memahami soal istilah diatas tersebut. Target Market merupakan para konsumen dari produk yang anda jual, lalu untuk Target Audiens adalah mereka yang anda jadikan sasaran dalam melakukan komunikasi.

  • Media Strategy

Kombinasi antara penggunaan media massa, interpersonal, dan juga interaktif. Ketahui juga ulasan mengenai strategi pendekatan komunikasi dengan media yang efektif dan dapat memanfaatkannya dengan baik.

  • Message Strategy

Dalam hal ini meliputi konsep, penetrasi pesan (pendekatan maupun daya tarik), dan juga tentang eksekusi pesan yang akan dilakukan kepada konsumen

  • Line Elements

Dalam hal ini meliputi dua unsur yaitu Soft Sell dan Hard Sell yang sudah dijelaskan diatas tadi

  • Budget

Yang terakhir adalah budget yang didalamnya mencakup top-down atau bottom-up

Proses Perencanaan Komunikasi Pemasaran Terpadu

Pada bagian proses perencanaan ini tentu menjadi lanjutan dari strategi, dimana terdapat 5 perencanaan yang harus anda lakukan,diantaranya:

  • Lakukan Identifikasi tentang konsumen serta nilai kemajuan
  • Perkirakan tentang konsumen beserta dengan nilai kemajuan
  • Melakukan Perencanaan pesan komunikasi
  • Perkirakan aliran dana yang masuk ke perusahaan dari para konsumen
  • Lakukan evaluasi setelah membeli barang, serta anda perlu melakukan analisa produk masa depan permintaan konsumen dari produk yang anda punya

Proses Dalam Mengelola Komunikasi Pemasaran Terpadu

Agar bisa mengelola Komunikasi Pemasaran Terpadu ini secara baik dan benar, maka ada 7 tahapan yang harus anda kerjakan supaya bisa mendapatkan hasil yang maksimal, diantaranya:

  • Review of Marketing Plan

Pada tahap pertama ini anda diharuskan untuk melakukan persiapan data internal yang meliputi situasi organisasi maupun atribut produk. Selain itu juga perlu melakukan persiapan data eksternal yang meliputi situasi makro, target market, maupun competitor.

  • Analysis of Promotional Program Situation

Dalam tahap ini, anda perlu melakukan analisa mengenai kekurangan dan kelamahan data, serta menemukan sebuah sumber permasalahan lalu cari tahu juga bagaimana cara mengatasinya

  • Analiysis of Communication Process

Ditahap selanjutnya ini, anda perlu melakukan proses analisa tanggapan dari para penerima informasi, lalau tanggapan tentang pengiriman informasi, dan juga saluran informasi yang anda pakai selama ini

  • Budget Determination

Dalam tahapan ini, anda diminta untuk menyusun anggaran di dalam perusahaan, apakah memakai sistem top-down yakni modal sudah disediakan di awal, atau menggunakan sistem bottom-up yakni mengetahui dulu berapa anggaran yang anda butuhkan dalam menyusun rencana tersebut, serta bagaimana cara mengalokasikan dana ini

  • Develop IMC Program

Dalam tahap ini anda dituntut untuk bisa mengembangkan program komunikasi pemasaran yang bakal ditempuh

  • Integrate and Implement Komunikasi Pemasaran Terpadu Strategies

Dalam menjalankan Komunikasi Pemasaran Terpadu ini anda juga perlu melakukan strategi marketing mix, membeli media time dan juga space, memperoduksi iklan, dan menjalankan desain yang sebelumnya sudah anda tetapkan sesuai dengan program yang sudah anda tempuh

  • Monitor, Evaluate, and Control IMC Program

Dan pada tahap terakhir ini anda diminta melakukan evaluasi hasil dari kinerja yang sudah disusun rapi, apakah sudah efektif sesuai dengan espektasi atau masih belum.

Selain itu anda juga perlu menganalisa, apakah trik yang anda pakai dalam melakukan pemasaran tersebut sudah sejalan dengan strategi yang anda ambil.

Cukup sekian dulu ulasan kali ini tentang komunikasi pemasaran terpadu, semoga ulasan diatas tadi bermanfaat dan bisa membantu menjalankan usaha anda dalam kehidupan sehari-hari. Jangan lupa simak juga pembahasan lain mengenai cara komunikasi marketing yang baik dan efektif.

Recent Posts

Stonewalling: Pengertian dan Dampaknya

Perdebatan maupun pertengkaran dalam sebuah hubungan memang menjadi sebuah hal yang wajar terjadi, namun yang…

3 years ago

6 Strategi Komunikasi Efektif Saat Pandemi

Seperti yang diketahui, dengan maraknya pandemi Covid-19 yang menyerang hampir ke penjuru dunia, banyak aktifitas…

3 years ago

8 Tips Komunikasi Efektif Di Media Sosial

Sosial media menjadi sebuah lahan promosi yang cukup menguntungkan dan bisa dengan mudah untuk digunakan…

3 years ago

9 Teknik Digital Marketing Paling Efektif

Saat ini digital marketing atau pemasaran digital menjadi senjata yang cukup ampuh bagi mereka pelaku…

4 years ago

5 Contoh Komunikasi Terapeutik Pada Lansia

Komunikasi  Teraupetik adalah sejenis komunikasi yang dirancang dan direncanakan dengan tujuan terapi untuk membina hubungan…

4 years ago

6 Cara Mengatasi Perdebatan Dalam Rapat

Setiap perusahaan ataupun organisasi pasti sering mengadakan kegiatan rapat, dimana ini diadakan untuk mencari jalan…

4 years ago